Sunday, October 14, 2012

DASAR TEORI TENTANG LINUX

DASAR TEORI TENTANG LINUX



Sistem operasi Linux terdiri dari kernel, program sistem dan beberapa program Aplikasi. Kernel merupakan inti dari sistem operasi yang mengatur penggunaan Memory, piranti masukan dan keluaran proses-proses, pemakaian file pada file System dll. Program system dan semua program-program lainnya yang berjalan diatas Kernel disebut user mode.

Perbedaan mendasar antara program system dan program aplikasi adalah program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan, sedangkan program aplikasi adalah program system yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu Aplikasi tertentu. Contoh daemon merupakan program system, dan pengolahan kata (word processor) merupakan program aplikasi. shell adalah jembatan antara user input dengan kernel, berfungsi memberikan fasilitas pada pengguna agar bisa berinteraksi dengan komputer ( baik software maupun hardware).

Shell adalah program yang membaca input standart yaitu keyboard, ketika kita mengetikkan sesuatu di keyboard maka shell akan menafsirkan apa yang kita ketikkan. Sebagai contoh apabila kita mengetikkan ls pada shell dan ls ternyata merupakan program yang akan di eksekusi maka shell akan menjalankan program tersebut.

Misal:

antoro@drutz:~$ ls

test

antoro@drutz:~$ ls

bash : hello: command not found

antoro@drutz:~$

Kita dapat melihat bahwa ketika ls kita ketikkan maka program ls dijalankan, sedangkan apabila kita jalankan hello dan karena memang tidak ada program maka shell tidak dapat mengeksekusi. Seperti halnya dalam disk operating system(dos) terdapat perintah-perintah untuk mengoperasikan sistem tersebut, begitu juga dalam Linux kita dapat mengelola dan mengatur sistem tersebut dengan perintah dasar(teks only). Linux membedakan penulisan perintah antara huruf besar dan kecil, secara umum syntax penggunaan perintah pada Linux adalah:

Perintah [option.....] [argumen]

Ciri-ciri perintah Linux UNIX antara lain:

1. membedakan huruf besar dan kecil(case sensitive).

2. ada perintah-perintah untuk administrator(sysadmin command).

3. ada perintah untuk sembarang user.

System operasi Linux terdiri dari kernel, program system, dan beberapa program aplikasi. Kernel merupakan inti dari system operasi yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan dan keluaran proses-proses, file pada file system dll. Program system dan semua program-program lainnya yang berjalan diatas kernel disebut user mode.

Perbedaan mendasar antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan, sedangkan program aplikasi adalah program sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu, contoh daemount merupakan program sistem dan program aplikasi shell adalah jembatan antara user input dengan kernel.

Linux merupakan kernel yang open source sehingga dapat dimiliki dan dirubah oleh siapa saja, akan tetapi ada beberapa perusahaan yang menaruh perhatian untuk turut serta mengembangkan Linux, seperti RedHad, Mandrake, Slackware dan lain-lain. Red Had berkantor pusat di Amerika ini biasa dibilang distro yang sudah turut membantu pengembangan Linux, dari sekian banyak distro Linux, Slackware termasuk salah satu yang ikut proses instalasi maupun dalam penggunaannya, Linux disusun berdasarkan Slackware, dua hal yang terpenting dalam Slackware adalah bahwa semua isinya ( kernel, library, ataupun aplikasinya ).

System operasi Linux memiliki program inti yang disebut kernel, Linux terdiri dari kernel, program sistem dan beberapa program aplikasi, kernel merupakan inti dari system operasi yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan dan keluaran proses-proses pemakaian file pada file system dll, program system dan semua program-program lainnya yang berjalan diatas kernel disebut user mode. Kernel adalah suatu jembatan antara hardware dan aplikasi-aplikasi yang menterjemahkan bahasa software sehingga mampu di mengerti oleh hardware dan hardware segera memprosesnya sesuai dengan permintaan. Akibatnya hal tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan atau bekerja dengan komputernya melalui software.

Kernel Linux terbagi beberapa bagian seperti manajemen proses, manajemen memori, hardware device driver, file system driver, manajemen memori menangani daerah pemakaian memori, daerah swap, bagian-bagian kernel untuk buffer cache, manajemen proses menangani pembuatan proses-proses dan penjadwalan proses. Pada bagian dasar kernel berisi hardware device driver untuk setiap jenis hardware yang di dukung. Jika pada lingkungan DOS terdapat Command yang berfungsi untuk menjembatani antara pengguna user dengan kernel, maka di Linux dikenal dengan nama shell. Shell ada bermacam-macam. Shell yang paling banyak digunakan di Linux adalah bash, selain itu shell yang lain adalah
Bourne Shell ( sh )
C Shell ( csh )
Korn Shell ( ksh )
Bourne again Shell ( bash )

Masing-masing shell memilikan perbedaan dalam hal tampilan dan pesan kesalahan, akan tetapi perintah dasar dan cara penulisannya adalah sama. Linux bisa berjalan hanya dengan ruang kosong 150 mb dalam hardisk.memory 2 mb ram, tatepi secara realitis tentunya di butuhkan ruang lagi untuk development tools, data dan sebagainya sehingga dibutuhkan sekitar 250mb spasi hard disk dan 12-16mb ram. Akan lain lagi ceritanya jika dengan keterbatasan seperti itu sebagai system operasi modern Linux mendukung banyak hardware yang beredar dipasaran tapi, ada beberapa yang tidak didukung karma masalah tehnik atau sekelompok sukarelawan sedang-sedang mengusahakan drivernya untuk distro mandrake umumnya berjalan secara normal pada hardware keluaran terbaru. Linux memiliki beberapa kelebihan diantaranya: Linux merupakan system operasi yang open source artinya pemakai diperkenankan untuk memiliki bahkan merubah source codenya untuk disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tanpa harus takut sanksi royalti. Demikian dengan program-program aplikasinya semua lisensinya dipegang oleh gnu gpl. Linux adalah tiruan unix. Pengembanagan linux pertama kali di lakukan Linus Benediet Torvads, Universitas Helsinki Vinlandia sebagai proyek hoby. Seluruh kode sumber Linux termasuk kernel, device drever, lebrarys, program dan tool pengembang disebarkan secara bebas dengan lisensi gpl persi ke2 kemudian berkembang cepat melalui bantuan seluruh programmer di dunia melalui jaringan internet Linux. Linux memiliki shared libraries, demand loading, shared copy on write executables,proper memory manajemen dan tcp/ip networking. Linux pertama kali dipublikasikan tahun 1991 dengan versi kernel 0.01 kemudian disusul versi 0.00\11 pada Desember 1991. pada versi 0.13 Linux sudah lebih stabil dan Linux memutuskan mengubah versinya menjadi versi 0.95. sifat Linux lebih terbuka membuatnya masih terus dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar, yang banyak dijumpai di internet. Mereka saling tukar-menukar kode, melaporkan dan memenuhi segala masalah yang ada setiap orang yang tertarik dipersilahkan bergabung dalam pengembangan Linux.

Mungkin selama ini hanya akrap operating sistem yang berbasis windows saja, dengan beberapa variannya yang terkenal seperti windows 3.1, 95, NT, 98, ME, 2000 dan XP. Sedangkan ada beberapa operating sistem yang terdapat di pasaran seperti Sun Solaritar, Apple Macintosch, Unix dan Linux. Operating Linux sebenarnya merupakan kernel saja. Dapat diibaratkan kernel ibarat jantung dari system operasi sebab kernel mengatur semua proses seperti manajemen memori, proses input output, termasuk mengatur bekerjanya device atau hardware, jadi sebuah kernel tidak dapat digunakan secara langsung untuk kebutuhan aplikasi office terlebih multimedia Anda. Anda tidak mengalami kesulitan untuk mengupgrade kernel mandrake Linux 9.1 Anda, karena Mandrake Linux 9.1 telah memiliki versi kernel yang termasuk paling baru yaitu kernel 2.4.2.1 yang mendukung berbagai macam jenis hardware, sebuah kernel Linux membutuhkan adanya program tambahan yang berjalan diatasnya. Program itu berfungsi sebagai pelengkap, sehingga kernel Linux dapat digunakan untuk kebutuhan perkantoran dan fungsional lainnya. Program-program tersebut berada dalam satu lisensi GNU dan sebutan populernya adalah Distro atau distribusi. Sampai sejauh ini telah lahir berpuluh-puluh distro, bahkan para programmer berbasis Linux di tiap-tiap negara menciptakan distro sendiri.

Adapun distro yang stabil dan populer di antaranya adalah RedHad, Slackware, SUSe, Debian, Mandrake dan sebagainya. Mungkin para pengguna sistem operasi Windows akan dibingungkan dengan banyaknya pilihan distro tersebut, ditambah lagi banyaknya versi dari masing-masing distro yang ditunjukkan dengan besarnya angka di belakang nama distro tersebut, dan tentu saja di pusingkan untuk memilih distro nama sesuai untuk kebutuhannya.

Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai beberapa distro yang populer, sebagai pengantar bagi para pemerhati dan peminat Linux.

RedHad

RedHad Linux merupakan desktop yang sudah sangat populer bahkan lebih populer dan banyak digunakan oleh pengguna Linux. RedHad dikembangkan pada tahun 1995 oleh Bob Young dan Marc Ewing. RedHad memiliki pedoman instalasi yang sangat baik

Mandrake

Mandrake sejak awal mula peluncurannya pada tahun 1998 diharapkan dapat menjadi Dekstop Linux yang mudah digunakan dan user friendly. Kemudahan tersebut dapat ditemui dari awal Anda mengatur partisi dengan fasilitas disk drake dan juga melakukan instalasi program sampai saat Anda melakukan konfigurasi dan perubahan program aplikasi tambahan.

Suse

Suse adalah distro Linux yang berasal dari Jerman dan menitik beratkan pada desktop dan workstation, sehingga memiliki kemudahan dalam instalasi, meskipun tidak semudah Mandrake Linux, Suse memiliki kemampuan untuk mendeteksi Hardware baru USB, seperti kamira digital. Tetapi sayangnya Suse tidak dapat Anda download secara gratis di situsnya.

Gentoo Linux

Distro ini diciptakan oleh Daniel Robbins, salah seorang pendiri dari Stampede. Instalasi distro ini tergolong sangat sulit dan sangat lama apalagi jika Anda berbagi dengan partisi windows. Meskipun setelah Anda menginstalasi distro ini Anda dapat mudah melakukan up date jika keluar versi terbaru.

Knoppix Linux

Ini dikembangkan oleh Klaus Knopper dan tergolong distro baru yang saat ini sedang populer, kemampuan dan kecepatannya dalam melakukan deteksi hardware secara otomatis. Cd instalernya dapat digunakan secara mudah untuk booting dan juga dapat digunakan untuk melakukan rescue disk serta Anda juga dapat mencoba dan menggunakan knoppix terlebih dahulu dari cd tersebut tanpa melakukan instalasi.

SOURECE : https://irziqamdiken.wordpress.com/2012/04/18/dasar-teori-linux/#comment-33
Share This

No comments:

Post a Comment

About Us

visite this

Like Us

ridha|software
Designed By Blogger Templates